Tips Merawat Pompa Industri Sentrifugal

Bagaimana agar pompa industri sentrifugal tetap awet dan aman? Berikut tips untuk menghindari kecelakaan:

1. Ikuti petunjuk di Buku Manual.
Setiap pompa industri yang berkualitas passti dilengkap buku/ instruksi manual. Baca dengan teliti dan ikuti semua yang direkomendasikan. Ikuti spesifikasi komponen sebelum melakukan pengaturan. Dengan mengikuti petunjuk selain akan lebih aman maka komponen juga akan lebih awet.

2. Hindari pemanasan berlebihan
Dengan menjaga panas sesuai batas yang direkomendasikan maka komponen pompa akan terhindar dari kerusakan. Demikian pula teknisi akan terhindar dari cedera. Jika terjadi pemanasan berlebih maka segera matikan pompa dan lakukan proses pendinginan.
Lalu lepaskan dengan hati-hati sumbat saluran pompa sentrifugal. Pastikan pompa sentrifugal tidak terlalu panas saat melepas sumbatan tersebut, demikian pula saat pasang konektor port, atau isi tutup port.

3. Periksa komponen secara rutin
Lalukan pemeriksaan secara rutin, jika ada komponen yang sudah mulai usang segera lakukan penggantian. Sebagai contoh saat bearing usang maka bantalan pompa akan bergetar lebih keras, suara lebih berisik dan mudah sekali utk overhead. Kalau tidak segera diantisipasi maka pompa sentrifugal dapat mengalami kerusakan yang serius.
Komponen saluran hisap dan busi pipa juga perlu diperiksa apakah sudah usang. Pastikan juga tidak ada kotoran seperti pasir yang dapat menyebabkan goresan dan keausan cepat pada permukaan segel.
Periksa apakah terjadi kebocoran udara, karena ketika ketika sudah mulai usang maka perlengkapan saluran hisap dan sumbat pipa dapat bocor. Akibatnya pompa sentrifugal akan kehilangan daya angkat.
Untuk memeriksa saluran hisap kedap udara dapat dilakukan secara teratur dengan menggunakan alat pengukur vakum. Saat pemeriksaan ketika pompa sentrifugal dimatikan mak pembacaan pengukur vakum akan menampilkan jarak vertikal dari tingkat produk ke keran pengukur. Namun, jika pipa hisap tidak kedap udara maka tekanan atmosfer sedang masuk, ruang hampa akan turun setelah dimatikan. Pengukur vakum akan memberikan pembacaan yang tidak beraturan atau berfluktuasi, yang merupakan indikasi bahwa katup pengisap, segel, atau selang hisap sudah usang dan perlu diganti.

4. Lakukan Tes Shut-off.
Tes ini dilakukan untuk memeriksa komponen dan mengukur keausan internal pompa sentrifugal. Untuk melakukan tes, mulai pompa dan biarkan untuk mencapai aliran penuh. Lalu perlahan-lahan tutup katup pembuangan dan catat debit dan pembacaan pengukur hisap. Dalam keadaan normal, pembacaan harus sama dengan tekanan maksimum kinerja pompa yang dicatat pada aliran nol.

5. Pakai Pompa Sesuai Aturan Penggunaannya.
Pompa sentrifugal jangan dipakai untuk memompa cairan yang tidak dirancang untuk dipompa, misalnya tidak memompa cairan yang mudah terbakar atau korosif seperti bensin atau asam dengan pompa yang dirancang untuk memompa air. Jangan pernah mengoperasikan pompa di lingkungan yang mudah terbakar atau mudah meledak, kecuali pompa dirancang untuk layanan tersebut.

Ikuti terus artikel dan tips dari Pilar Gading, distrubutor dan penjual pompa industri yang tepat bagi perusahaan anda.

– Pilar Gading –